Pages

01 Juni 2009

Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2000 Puskesmas KOTABUMI II Lampung Utara

dr. Hj.Maya Metissa

Manager

Puskesmas Kotabumi II berkeinginan menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 diawali dengan membangun komitmen bersama demi peningkatan mutu pelayanan.

Keberhasilan penerapan ISO 9001:2000 tergantung kepada komitmen, bukan hanya ditingkat Top Management, termasuk juga Middle dan Lower Management. Dengan semangat , niat baik serta etos kerja yang tinggi, pada tanggal 14 Februari 2008 Puskesmas Kotabumi II berhasil meraih sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 dari Badan Sertifikasi Internasional SAI Global.

Visi, Misi dan Kebijakan Mutu

Visi

Menjadi Puskesmas Terbaik dengan Pelayanan Prima di Propinsi Lampung

Misi

1. Meningkatkan kualitas pelayanan

2. Meningkatkan kesehatan masyarakat dan lingkungan

3. Meningkatkan kualitas SDM

Kebijakan Mutu

Untuk mencapai visi dan misi, Puskesmas Kotabumi II berkomitmen untuk melakukan peningkatan secara berkesinambungan demi tercapainya kepuasan masyarakat, dengan cara :

1. Meningkatkan kompetensi SDM pendukung layanan

2. Meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan masyarakat dan lingkungan

3. Memberikan pelayanan yang prima

4. Meningkatkan peran serta masyarakat untuk menuju kemandirian hidup sehat secara pribadi maupun masyarakat

5. Menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 secara efektif dan efisien

Tujuan

Tujuan umum adalah terselenggaranya ISO 9001:2000 Puskesmas dalam rangka peningkatan manajemen mutu di Puskesmas Kotabumi II.

Tujuan khusus adalah :

Meningkatkan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar pelayanan.

1. Meningkatkan kepuasan pelanggan / Konsumen Puskesmas
2.
Meningkatkan citra Puskesmas
3. Meningkatkan daya saing
4. Memiliki dokumen mutu yang lebih baik

Ruang Lingkup

Ruang lingkup penerapan ISO 9001:2000 di Puskesmas Kotabumi II meliputi : Medical Record, General Care Unit, Dental Care Unit, Mother & Children Care Unit, Supporting Services Unit Of Laboratory, Sanitation, Nutrition and Pharmacy.

Prinsip-prinsip Manajemen Kualitas

1. Fokus kepada pelanggan

2. Kepemimpinan

3. Keterlibatan Personil

4. Pendekatan proses

5. Manajemen dengan pendekatan sistem

6. Pengambilan keputusan dengan pendekatan fakta

7. Perbaikan berkesinambungan

8. Hubungan yang saling menguntungkan dengan pemasok

Manfaat Penerapan ISO 9001:2000

Terselenggaranya ISO 9001:2000 di Puskesmas Kotabumi II memiliki manfaat :

1. Kepuasan Pelanggan meningkat

2. Pengendalian mutu lebih sistematis

3. Koordinasi lebih baik

4. Ketidaksesuaian terdeteksi sejak awal

5. Konsistensi mutu lebih baik

6. Kepercayaan Pelanggan meningkat

7. Dokumentasi SMM lebih baik

8. Menurunkan biaya kegagalan mutu

9. Banyak peluang perbaikan

AUDIT EKSTERNAL SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 2000 PUSKESMAS KOTABUMI II

Agus Darsono

Manager Representative


Audit eksternal dalam rangka sertifikasi SMM ISO 9001 : 2000 terhadap ruang lingkup pelayanan di Puskesmas Kotabumi II dilaksanakan pada tanggal 26 – 27 Desember 2007 oleh Badan Sertifikasi Internasional SAI GLOBAL. Perbaikan dan revisi terhadap beberapa temuan pada saat audit eksternal dilakukan dengan segala keterbatasan yang ada, hingga pada akhirnya berbuah manis dengan diraihnya Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2000 pada tanggal 14 Februari 2008.

Audit surveillance I dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2008, dengan hasil bahwa Badan Sertifikasi SAI GLOBAL tetap merekomendasikan kelanjutan sertifikasi SMM ISO 9001 : 2000 di Puskesmas kotabumi II.

Audit surveillance II dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2008, dengan hasil bahwa Badan Sertifikasi SAI GLOBAL tetap merekomendasikan kelanjutan sertifikasi SMM ISO 9001 : 2000 di Puskesmas kotabumi II.

Kuantitas minimal terhadap temuan minor pada saat audit surveillance I dan II berlangsung, menjadi dasar bagi SAI GLOBAL untuk menyatakan bahwa Puskesmas Kotabumi II sebagai salah satu Klien tingkat Puskesmas yang konsisten dan komitmen dalam upaya mempertahankan sertifikasi ISO 9001 : 2000.

(Agus Setiawan,Auditor SAI GLOBAL,Clossing Meeting, 11 Juni 2008).

Suatu Pembuktian bahwa komitmen, mulai dari Top Management, termasuk juga Middle dan Lower Management menjadi dasar bagi penyelenggaraan SMM

ISO 9001 : 2000.

Audit surveillance III rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2009, mudah-mudahan dengan segala keterbatasan yang Kami miliki dan Kami rasakan, Kami masih tetap dapat memberikan hasil yang terbaik demi pelayanan optimal kepada masyarakat.

AUDIT INTERNAL SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 2000 MENUJU VERSI 2008

PUSKESMAS KOTABUMI II

drg. Noor Afia Adi Surani

Lead Auditor Internal


Audit Internal adalah alat yang penting, karena memberikan penilaian yang independen dan objektif terhadap pemenuhan bisnis terkait dan persyaratan lainnya. Temuan berdasarkan audit internal dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan efisiensi bisnis, efektifitas, kinerja dan keuntungan.

Auditor Internal harus memiliki dan memenuhi kompetensi yang dipersyaratkan oleh ISO 9001 : 2000. Tim Auditor Internal Puskesmas Kotabumi II telah memenuhi persyaratan tersebut, dan telah mengikuti serta Lulus ujian yang diselenggarakan oleh Konsultan Sertifikasi dari AIMS pada tahun 2007. Kompetensi tersebut dibuktikan dengan sertifikat kelayakan sebagai AUDITOR INTERNAL QMS ISO 9001 : 2000 yang dimiliki oleh para Auditor.

Pengembangan ISO 9001 dari versi 2000 ke versi 2008, menuntut Tim Auditor Internal Puskesmas Kotabumi II harus memiliki kompetensi lebih, sesuai yang dipersyaratkan. Pada tanggal 1 – 2 April 2008, Tim Auditor mengikuti ujian sebagai Tim Auditor Internal QMS ISO 9001 : 2008. Berlangsung di Jakarta dan diselenggarakan oleh badan Sertifikasi SAI GLOBAL.

Tim Auditor Internal Puskesmas Kotabumi II dinyatakan lulus kompetensi dan dikualifikasikan sebagai Internal Auditor Sistem Manajemen Mutu yang telah diakui oleh Quality Society of Australia (QSA). Kompetensi yang dimiliki terdaftar dan terakreditasi di National Trainning Board (NTB). Pernyataan lulus tersebut dituangkan dalam bentuk Certificate of Attainment, khusus bagi Tim Auditor Internal yang dinyatakan lulus.


Beberapa kompetensi yang mampu dimiliki oleh Tim Auditor Internal :

  1. Menggambarkan prinsip-prinsip dasar dan persyaratan audit internal.
  2. Menganalisa persyaratan dalam organisasi dan untuk audit internal.
  3. Merencanakan, melaksanakan dan menyelesaikan audit internal secara efektif.
  4. Mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan hal-hal yang diperlukan dalam melaksanakan audit internal yang efektif.

TIM AUDITOR INTERNAL SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 2008

PUSKESMAS KOTABUMI II

1. drg. Noor Afia Adi Surani (Lead Auditor)

2. dr. Hj. Maya Metissa (Auditor)

3. Ns. Deni Metri, S.kep (Auditor)

4. Biantara Suri,AMd.AK (Auditor)

5. Kartini (Auditor)


0 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

Website counter

About

 

Welcome In DINKES PROVINSI LAMPUNG

Login

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!

Loading...